Sekjen Kemendes PDTT RI Buka Pelatihan Desa Wisata Angkatan III dan IV di Kota Tidore Kepulauan

    MALUKU UTARA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa (Kemendes), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (PDTT)  Taufik Madjid melakukan kunjungan kerja di Kota Tidore Kepulauan.

    Kunjungan kerja tersebut dalam rangka Pembukaan Pelatihan Desa Wisata angkatan III Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat dan angkatan  IV Kecamtan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan, diselenggarakan di Balai Desa Balbar Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara, Minggu (13/3/2022).

    Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid bersama rombongan tiba di Pelabuhan Guraping sekitar pukul 14.00 WIT, dijemput langsung oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, selanjutnya menuju Balai Desa Balbar untuk membuka Pelatihan Desa Wisata angkatan III Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat dan angkatan  IV Kecamtan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan.

    Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid  dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pelatihan desa wisata merupakan salah satu program andalan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di bidang pariwisata.

    Dengan kontruksi APBN kita sekarang di tengah tekanan pandemi covid-19, pemerintah ingin supaya ada yang namanya kualitas belanja itu, harus betul-betul fokus sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekaligus potensi yang dimiliki masyarakat.

    “Ini tujuannya untuk secara cepat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional akibat tekanan Covid-19 beberapa tahun terakhir. Pemerintah kemudian mengambil berbagai langkah memformulasikan kembali kebijakan-kebijakan sehingga dapat berdampak baik dan dirasakan langsung oleh masyarakat, " ungkapnya.

    Taufik menambahkan, akhir-akhir ini isu ekonomi menjadi isu yang paling sering diperbincangkan, muda-mudahan atmosfir yang dibangun pada saat kita yang ditunjuk Presiden Joko Widodo ini, bisa kemudian memberikan angin segar bagi akselerasi dan pertumbuhan ekonomi pada level yang di bawah termasuk di level desa.

    “Saya berkomitmen untuk terus memegang kepentingan lewat pelatihan-pelatihan seperti ini, sehingga apa yang telah dimiliki oleh desa bisa dikembangkan, sehingga bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat terutama desa itu sendiri, " tuturnya.

    Wali Ktaa Tidore Kepulauan Capt.H. Ali Ibrahim mengungkapkan bahwa, sebuah kebanggaan bagi Kota Tidore Kepulauan atas kunjungan kerja Sekjen Kemendes PDTT yang merupakan bagian dari keluarga besar Moluku Kie Raha.

    Kehadiran Sekjen menjadi sebuah motivasi bagi kami anak-anak daerah untuk menitipkan harapan besar daerah kita, untuk kembali dikenal sebagai daerah yang memiliki SDM yang tidak kalah dari daerah lain.

    “Kami yakin dan percaya bahwa kunjungan Sekjen di Kota Tidore, tepatnya di Desa Balbar bukanlah sebuah kebetulan tapi merupakan sebuah kepedulian yang besar sebagai anak daerah Maluku Utara, untuk bersama-sama meningkatkan program pembangunan di bidang desa wisata, " pungkasnya.

    Ali Ibrahim berharap dengan kehadiran Sekjen bersama jajaran di Provinsi Maluku Utara pada kegiatan ini, menjadi sebuah semangat tersendiri bagi Kota Tidore Kepulauan untuk mendorong kreativitas, inovasi dan produktivitas desa wisata yang sedang kami giatkan ini.

    Kapala Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ambon Josoa Salmon Marlissa, dalam laporannya mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta pembentukan sikap peserta dalam rangka pengelolaan dan pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dan desa.

    Sementara, Ketua Apdesi Kota Tidore Kepulauan Muhlis Malagapi, sangat mengapresiasi pihak penyelenggara kegiatan pelatihan desa wisata, dalam hal ini Balai Pelatihan Desa Wisata Ambon, yang telah mempercayakan desa di Kota Tidore Kepulauan khususnya kami 4 desa di Pulau Maitara Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara.

    Ia juga menambahkan, apresiasi berikutnya disampaikan kepada Sekjen Kemendes PDTT RI, yang berkenaan hadir membuka kegiatan pelatihan tersebut, tentunya apresiasi juga diberikan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam hal ini Wali Kota Tidore Kepulauan Capt.H.Ali Ibrahim, khususnya Dinas PMD Kota Tidore Kepulauan dan Pihak Kecamatan Tidore Utara.

    "Semoga desa yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan pemahaman yang sempurna tentang pengelolaan potensi desanya, " tutupnya.

    MALUT MALUKU UTARA TIKEP TIDORE KEPULAUAN
    Iswan Dukomalamo

    Iswan Dukomalamo

    Artikel Sebelumnya

    Wakili Maluku Utara ke Tingkat Nasional,...

    Artikel Berikutnya

    Festival Kampung Nelayan Tomalou Resmi Ditutup

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 288

    Postingan Tahun ini: 1231

    Registered: May 24, 2021

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 277

    Postingan Tahun ini: 1875

    Registered: Jul 16, 2020

    Maskuri

    Maskuri

    Postingan Bulan ini: 154

    Postingan Tahun ini: 256

    Registered: Mar 10, 2022

    Basory W

    Basory W

    Postingan Bulan ini: 138

    Postingan Tahun ini: 542

    Registered: Oct 11, 2021

    Profle

    REPLIZAR

    Cara Estafet, Prajurit Satgas TMMD Reg 113 Kodim Klaten Langsir Material Batu Kali 
    Prajurit TNI Kodim Klaten dan Warga Nanggulan Turunkan Material Dengan Strategi Tempur
    Excavator dan Bulldozer pilihan Kades Nanggulan dalam Meratakan Jalan Sasaran Pokok TMMD Reg.113 
    Swasembada Pangan, Babinsa Manisrenggo Tingkatkan Ketahanan Pangan Perawatan Tanaman Jagung

    Follow Us

    Recommended Posts

    Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim: Kasus Terbesar Sepanjang 2022
    7 Manfaat Menggunakan Aplikasi Presensi Kehadiran untuk Perusahaan
    Tak Hanya Vaksin Covid-19, Suir Syam Minta Pemerintah Genjot Imunisasi Penyakit Menular
    70 Persen Nakes Puskesmas Non-ASN, Edy Wuryanto Dorong Proses Pendataan yang Lebih Baik
    Muhammad Kadafi Minta Kabar Pengangkatan Guru PPPK Jangan Jadi Hoaks